!-- Blogger Default Meta -->

Blog Sehat

Khasiat dan Manfaat Tempe Kedelai

Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, yang dapat menghambat proses penuaan dan mencegah penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dll). Selain itu Tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, mencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya.

Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidrat tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Namun, karena enzim pencernaan yang dihasilkan oleh jamur tempe, protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terkandung dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagai makanan semua umur.

Dibandingkan dengan kedelai, ada beberapa hal yang menguntungkan pada tempe. Secara kimiawi dapat dilihat dari semakin tingginya tingkat padatan terlarut, nitrogen terlarut, asam amino bebas, asam lemak bebas, daya cerna, nilai efisiensi protein, serta skor proteinnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap dan dimanfaatkan tubuh dibandingkan dengan yang ada dalam kedelai. Ini telah dibuktikan pada bayi dan anak balita gizi buruk dan diare kronis.

Dengan bekal tempe, berat badan akan meningkatkan gizi buruk dan diare menjadi sembuh dalam waktu singkat. Pengolahan kedelai menjadi kedelai akan menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa, suatu senyawa penyebab timbulnya gejala perut kembung (perut kembung).

Tempe tinggi kualitas gizi yang memungkinkan penambahan kedelai untuk meningkatkan kualitas dari sereal dan umbi-umbian. Makanan hidangan sehari-hari yang terdiri dari beras, jagung, atau tiwul akan meningkat mutu gizi bila ditambah tempe.

Sepotong tempe goreng (50 gram) sudah cukup untuk meningkatkan kualitas gizi beras 200 g. Bahan pangan-beras campuran tempe, jagung, kedelai, singkong, kedelai, dalam rasio 7:3, sudah cukup baik untuk diberikan kepada anak balita.

Asam lemak
Selama proses fermentasi tempe, ada kecenderungan peningkatan derajat ketidakjenuhan dari lemak. Dengan demikian, asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid, PUFA) meningkat jumlahnya.

Dalam proses asam palmitat dan asam linoleat sedikit mengalami penurunan, sedangkan kenaikan terjadi pada asam oleat dan linolenat (asam linolenat ditemukan dalam kedelai). Asam lemak tak jenuh memiliki efek pengurangan kadar kolesterol serum, yang dapat melawan efek negatif sterol di dalam tubuh.

Vitamin
Dua anggota vitamin ditemukan dalam tempe, yang larut dalam air (vitamin B kompleks) dan larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin yang terkandung dalam tempe antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niacin), vitamin B6 (piridoksin) dan B12 (sianokobalamin)
Vitamin B12 umumnya ditemukan di produk hewani dan tidak ditemukan dalam makanan nabati (sayuran, buah, dan biji-bijian), namun tempe tempe mengandung vitamin B12 sehingga satu-satunya sumber vitamin yang potensial dari bahan pangan nabati. Peningkatan kadar vitamin B12 yang paling mencolok dalam pembuatan tempe, vitamin B12 peningkatan aktivitas hingga 33 kali selama fermentasi dari kedelai, naik sekitar 8-47 kali riboflavin, piridoksin 4-14 kali, niasin 2-5 kali, 2-3 kali biotin, asam folat 4-5 kali, dan asam pantotenat 2 kali lipat. Vitamin ini tidak diproduksi oleh kapang tempe, tetapi oleh bakteri kontaminan seperti Klebsiella pneumoniae dan Citrobacter freundii.

Kadar vitamin B12 dalam tempe berkisar antara 1,5-6,3 mikrogram per 100 gram tempe kering. Jumlah ini telah mampu memenuhi kebutuhan vitamin B12 seseorang per hari. Dengan adanya vitamin B12 pada tempe, para vegetarian tidak perlu merasa khawatir akan kekurangan vitamin B12, sepanjang mereka melibatkan tempe dalam menu sehari-hari.
Mineral
Tempe mengandung mineral makro dan mikro dalam jumlah cukup. Jumlah besi mineral, tembaga, dan seng berturut-turut adalah 9,39; 2,87, dan 8,05 mg per 100 g tempe.

Cetakan tempe dapat menghasilkan enzim fitase enzim yang akan menguraikan asam fitat (yang mengikat beberapa mineral) menjadi fosfor dan inositol. Dengan rincian dari asam fitat, mineral tertentu (seperti besi, kalsium, magnesium seng, dan) menjadi lebih tersedia untuk penggunaan tubuh.

Antioksidan
Dalam tempe antioksidan juga menemukan zat dalam bentuk isoflavon. Selain vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Dalam kedelai, ada tiga jenis isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, dan genistein. Di Tempe, di samping ketiga jenis isoflavon juga mengandung antioksidan faktor II (6,7,4-trihidroksi isoflavon), yang memiliki sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai. Antioksidan ini disintesis selama proses fermentasi kedelai menjadi kedelai oleh bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.

Penuaan (aging) dapat dihambat bila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung antioksidan yang cukup. Karena tempe merupakan sumber antioksidan, konsumsi dalam jumlah cukup secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini.

Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yang ditemukan dalam kedelai mampu mencegah kanker payudara dan kanker prostat.
Semoga Bermanfaat Artikel tentang Khasiat dan Manfaat Tempe Bagi anda semua, terimakasih, dan mohon maaf, atas kesalahan menulis artikel ini, mohon kretik dan saranya dengan koment di bawah: dan untuk berbagi, silahkan klik Share Di samping.. :)

1 komentar:

Rizal said...

murah meriah kaya akan gizi

Post a Comment